Berwisata Sejarah dan Budaya dengan 8 Destinasi Wisata Terfavorit di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai destinasi wisata sejarah dan budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah 8 Destinasi Wisata Terfavorit di Jawa Timur yang akan membawa kamu kembali ke masa lalu dan mengenal budaya setempat dengan lebih dekat.


1. Candi Penataran

Candi Penataran
Candi Penataran

Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok. Candi ini dibangun pada abad ke-12 dan merupakan salah satu dari kompleks candi terbesar di Jawa Timur. Kamu dapat menikmati keindahan arsitektur candi yang masih terjaga dengan baik, sambil belajar tentang sejarah Hindu-Buddha di Indonesia.


2. Candi Sukuh

Candi Sukuh
Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Meski letaknya bukan di Jawa Timur, namun candi ini masih menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya favorit bagi wisatawan Jawa Timur. Candi Sukuh merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit pada abad ke-15.


3. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya
Museum Brawijaya

Museum Brawijaya terletak di Jalan Ijen, Kota Malang. Museum ini memiliki koleksi sejarah perjuangan rakyat Jawa Timur dalam menghadapi penjajahan Belanda dan Jepang. Kamu dapat melihat berbagai artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.


4. Taman Mini Kereta Api

Taman Mini Kereta Api
Taman Mini Kereta Api

Taman Mini Kereta Api terletak di Jalan Sultan Agung, Kota Malang. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang sejarah transportasi kereta api di Indonesia. Di sini, kamu dapat menikmati model-model kereta api dari masa lalu yang dipajang dengan rapi.


5. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam terletak di Pelabuhan Perak, Kota Surabaya. Monumen ini dibangun untuk memperingati jasa-jasa kapal selam dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kamu dapat melihat kapal selam yang sudah tidak berfungsi lagi dan mengetahui bagaimana kehidupan di dalamnya.


6. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Jembatan ini juga menjadi ikon wisata Jawa Timur yang cukup populer. Kamu dapat menikmati pemandangan laut dan kota Surabaya dari atas jembatan yang indah.


7. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo terletak di Kota Surabaya. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan merupakan masjid terbesar kedua di Surabaya setelah Masjid Al Akbar. Kamu dapat menikmati arsitektur masjid yang sangat indah dengan sentuhan budaya Tionghoa.


8. Pabrik Batik Kencana Ungu

Pabrik Batik Kencana Ungu terletak di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Hotel.co.id Stage online yang sangat membantu dalam mencari dan memesan akomodasi di Indonesia

Tips Dan Ide Desain Rumah Taman Belakang Yang Cantik Dan Fungsional